POTENSI DESA

Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar dapat hidup lebih sejahtera, dan terdapat di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya.

Secara keseluruhan, Desa Kelangdepok memiliki beberapa potensi sumber daya alam dari berbagai bidang diantaranya pertanian, peternakan dan perkebunan. Dalam bidang pertanian terdapat beberapa komoditas tanaman yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu tanaman-tanaman pangan seperti padi, jagung, kacang tanah, dan singkong (ubi kayu). Di Desa Kelangdepok produk olahan singkong tersebut sebagai mata pencaharian tambahan. Produk tersebut diantaranya kripik singkong, tape, dll. Selain itu juga, seperti halnya penggunaan lahan di desa lainnya, di Desa Kelangdepok lahan pertanian banyak dimanfaatkan sebagai lahan padi sawah. Tanaman padi yang dihasilkan biasanya tidak hanya dikonsumsi secara pribadi melainkan dapat dijual ke daerah-daerah lainnya.

Dalam bidang peternakan terdapat beberapa komoditas ternak yang dipelihara oleh masyarakat Desa Kelangdepok yaitu ayam, bebek, sapi dan kambing, tetapi dalam skala yang tidak terlalu besar. Potensi bidang peternakan di Desa Kelangdepok  ini sebenarnya cukup potensial, apabila masyarakat desa mulai mampu merubah mindset nya dari sekedar hobi menjadi lading usaha untuk menghasilkan rupiah. Hal ini terbukti dengan bermunculan peternak peternak muda yang menyalurkan hobi mereka dengan beternak burung Love Bird yang hasilnya sangat menguntungkan dan bisa memperkuat perekonomian warga Desa.

Dalam bidang perkebunan, Desa Kelangdepok memiliki potensi yang cukup tinggi. Hampir setiap rumah di setiap dusun memiliki lahan kebun  yang bisa digunakan untuk bercocok tanam. Berbagai jenis tanaman  dapat dikembangkan di Desa Kelangdepok ini seperti  Mangga, Pisang, jambu dan lain lain, yang apabila warga dapat mengolah hasil kebun tersebut bisa menjadi UMKM andalan di Desa Kelangdepok. selain itu Desa Kelangdepok juga masih memiliki lahan kebun bambu yang cukup luas, sehingga banyak pengrajin bambu yang membeli bambu di Desa Kelangdepok.

Selain Sumber daya Alam yang ada, di Desa Kelangdepok sendiri mempunyai potensi Sumber daya Manusia yang bagus, hal ini dibuktikan dari tingkat keaktifan warga dan tingkat kepedulian warga di bidang pembangunan Desa dan kesejahteraan desa yang secara gotong royong membangun Desa Kelangdepok.