PPHBN Gelar Donor Darah, Antusiasme Warga Sangat Tinggi

KELANGDEPOK– ‎Antusiasme warga Desa Kelangdepok dalam mendonorkan darahnya melalui PMI ternyata cukup tinggi. Ini terlihat dari aksi donor darah yang digelar oleh Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PPHBN) HUT RI ke 72 di Balai Desa Kelangdepok pada hari Rabu 16 Agustus 2017.

“Saya lihat ada peningkatan, kalau sebelumnya mungkin 20-30 kantong darah, sekarang kurang lebih permintaan 50-100 kantong darah,” kata  Petugas PMI, dalam acara  Donor Darah Merdeka.

“Kedepan sih harapnya lebih banyak lagi, dan saat kita bawa kantong cukup banyak, sehingga peserta yang hadir bisa mendonorkan darahnya jadi tak perlu lama nunggu,” ujarnya.

Dikatakan, banyak manfaatnya dengan mendonorkan darah, dari segi kesehatan sendiri, si pendonor akan menjaga kesehatan tubuhnya, pasalnya secara otomatis tubuh pendonor akan memproduksi sel darah baru.

Sementara dari segi kegiatan kemanusiaan, permintaan darah ini setiap tahunnya semakin meningkat, sementara ‎persedian darah sendiri terbilang kurang. “Harapannya pendonor partisipasinya lebih aware, bisalebih partisipasi dalam giat donor darah lebih ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Ismail Ketua Karang Taruna Desa Kelangdepok untuk sosialisasi donor darah, kata Ismail, belum semuanya dapat tersentuh, tak semua masyarakat ikut andil dalam donor darah. “Karena sosialisasi belum luas, jadi ‎pada segmen, masyarakat tertentu belum terpenuhi,” jelasnya.

‎Apalagi dari kegiatan donor di beberapa tempat bisa  mencapai 100-200 kantung, jadi kedepannya dalam pelaksanaan giat donor darah sosialisasinya agar lebih intens dan meluas sehingga semua unsur masyarakat bisa berpartisipasi kegiatan ini tambahnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT RI ke 72 yang secara estafet akan terus dilaksanakan kegiatan sampai akhir Agustus, Ujar Eko Supriyanto Selaku Ketua PPHBN.

About AdminDesa 65 Articles
Yang muda yang berkarya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*