Sempurnakan dengan Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat diri setiap muslim yang mampu. Baik laki-laki maupun perempuan wajib membayar zakat. Zakat itu pun diberikan sampai batas waktu tertentu, yaitu sebelum salat Idul Fitri dimulai. Pemberian zakat bisa dibayarkan di masjid, musala, atau berbagai lembaga amil zakat lainnya.
Lantas berapa besaran zakat yang harus dibayarkan umat Muslim tersebut?
Menurut Ustadz Zamroni, salah satu takmir masjid Baitul Muttaqin besaran zakat fitrah yang harus diberikan oleh setiap Muslim adalah sebesar 2.5 kilogram beras. Beras yang diberikan harus sesuai dengan jenis beras yang dikonsumsi sehari-hari.
“Zakat fitrah yang harus dikeluarkan seseorang itu standarnya adalah 2.5 kilogram beras yang kita makan sehari-hari di rumah. Tidak boleh jelek dari itu,” ujar Ustadz Zamroni.
Bahkan menurut beliau sangat diperbolehkan jika seorang umat Muslim ingin membayar lebih dari yang ditentukan.
“Jika ingin membayar lebih dari itu, ya silakan saja. Malah itu lebih baik. Dengan begitu, ia juga mendapakan pahala infaq sedekah sekali berjalan. Itu artinya dua atau tiga pulai terlampauilah, zakatnya tersampaikan, sedekah pun begitu,” kata beliau.
Ustadz Zamroni menambahkan, selain dalam bentuk beras, pemberian zakat itu pun bisa diberikan dalam bentuk uang senilai dengan harga beras itu. Pemberian zakat lewat uang pun dianggap lebih mudah pendistribusiannya kepada mereka yang membutuhkan.
“Jika dilihat dari pandangan ulama, ada yang mengatakan harus dengan makanan pokok. Seperti beras. Sebagian lagi ada yang berpendapat Imam Abu Hanifah, boleh menyalurkan zakat dengan harganya. Harganya itu ya 2.5 kilogram beras tadi. Terserah kepada masyarakat saja. Itu boleh dan sah secara hukum,” lanjutnya lagi.
Mana yang menjadi pilihanmu, membayar zakat melalui makanan pokok atau melalui uang?

Berdasarkan hasil rapat takmir masjid Jumat lalu memutuskan bahwa zakat fitrah dilaksanakan pada Jumat malam Sabtu tgl 23 Juni 2017 jam 20.15 ( bakda sholat tarawih ).
Utk warga RW 1 & 2 bertempat di Masjid Baitul Muttaqin.
Sedangkan utk RW 3 & 4 bertempat di SDN 03 Kelangdepok.
Adapun besaran zakat fitrah pakai uang sesuai kesepakatan adalah Rp. 25.000 dg asumsi harga beras sebesar 10.000/kg.
Adapun beras 2,5kg

Demikian sekilas info mohon di sebarkan dan semoga bermanfaat.

 

About AdminDesa 68 Articles
Yang muda yang berkarya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*