PENGUMUMAN PENDAFTARAN BAKAL CALON KEPALA DESA KELANGDEPOK

PANITIA PEMILIHAN KEPALA DESA KELANGDEPOK
KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG

P E N G U M U M A N
Nomor : 141/1/PANPIL/2016

T ENTANG

PENERIMAAN BAKAL CALON KEPALA DESA KELANGDEPOK
KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG

Berdasarkan 1). Peraturan Daerah Kabupaten Pemalang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Desa; 2). Peraturan Bupati Pemalang Nomor 36 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Pemalang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Desa; 3) Peraturan BPD Desa KELANGDEPOK Kecamatan BODEH Nomor1 Tahun 2016 tentang Tata Tertib Khusus Pemilihan Kepala Desa KELANGDEPOK, dan Peraturan Panitia Pemilihan Kepala Desa KELANGDEPOK Kecamatan BODEH Nomor 1 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penjaringan Bakal Calon Kepala Desa.
Sehubungan dengan berakhirnya Masa Jabatan Kepala Desa Kelangdepok Kecamatan Bodeh, maka akan diselenggarakan Pemilihan Kepala Desa. Dibuka kesempatan kepada warga Desa Kecamatan Bodeh untuk mengikuti pencalonan Kepala Desa dengan ketentuan sebagai berikut:

I. WAKTU PENDAFTARAN:

Pendaftaran Kepala Desa dibuka tanggal 13 Juli 2016 pukul 08.00 WIB, dan akan ditutup pada tanggal 25 Juli 2016 pukul 17.00 WIB.

II. SYARAT-SYARAT CALON KEPALA DESA:

Syarat Calon Kepala Desa:
a. warga negara Republik Indonesia;
b. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
c. memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika;
d. berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah pertama atau sederajat;
e. berusia paling rendah 25 (dua puluh lima) tahun pada saat mendaftar;
f. bersedia dicalonkan menjadi Kepala Desa;
g. terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di Desa setempat paling kurang 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran;
h. tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara;
i. tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih, kecuali 5 (lima) tahun setelah selesai menjalani pidana penjara dan mengumumkan secara jujur dan terbuka kepada publik bahwa yang bersangkutan pernah dipidana serta bukan sebagai pelaku kejahatan berulang-ulang;
j. tidak sedang dicabut hak pilihnya sesuai dengan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;
k. berbadan sehat;
l. tidak pernah sebagai Kepala Desa selama 3 (tiga) kali masa jabatan; dan
m. memenuhi syarat lain yaitu:
1. paling tinggi berusia 60 (enam puluh tahun) tahun pada saat mendaftar;
2. sehat rohani;
3. berkelakuan baik;
4. tidak pernah mengundurkan diri dari jabatan Kepala Desa;
5. tidak diberhentikan dari jabatan Kepala Desa karena melanggar larangan Kepala Desa;
6. terdaftar dan bertempat tinggal tetap di Desa yang bersangkutan, sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun terakhir dengan tidak terputus-putus kecuali sebagai Putra Desa;
7. cakap membaca dan menulis;
8. tidak pernah melakukan tindakan tercela yang menimbulkan krisis kepercayaan meluas di masyarakat.

Disamping calon harus memenuhi syarat-syarat tersebut di atas, Pelamar diwajibkan melengkapi persyaratan administrasi sebagai berikut:
a. Mengajukan surat lamaran pencalonan Kepala Desa kepada BPD melalui Panitia Pemilihan, yang ditulis dengan tangan sendiri di atas kertas bermeterai cukup.
b. Fotokopi ijazah/ surat tanda tamat belajar pendidikan formal dari tingkat dasar sampai dengan ijazah/ surat tanda tamat belajar terakhir yang dimiliki dan dilegalisasi dalam jangka waktu 6 (enam) bulan terakhir sampai dengan penutupan pendaftaran:
1. sekolah negeri:
a) Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Umum oleh Kepala Sekolah;
b) perguruan tinggi/ akademi oleh Rektor/ Direktur atau pejabat yang diberi kewenangan menandatangani legalisasi ijazah/ surat tanda tamat belajar.
2. sekolah swasta:
a) Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Umum oleh Kepala Sekolah dan Kepala Dinas yang membidangi pendidikan Kabupaten/ Kota;
b) perguruan tinggi/ akademi oleh Rektor/ Direktur atau pejabat yang diberi kewenangan menandatangani legalisasi ijazah/ surat tanda tamat belajar.
3. Legalisasi fotokopi ijazah/ surat tanda tamat belajar dilakukan pada semua lembar/ halaman dengan dibubuhi tanggal, bulan, tahun, nama jabatan, unit kerja, tanda tangan pejabat (basah) dan nama pejabat dengan stempel (basah) unit kerja.
c. Fotokopi akta kelahiran yang dilegalisasi dalam jangka waktu 6 (enam) bulan terakhir sampai dengan penutupan pendaftaran, oleh Dinas yang membidangi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/ Kota, bagi Bakal Calon yang lahir di luar Jawa dapat dilegalisasi oleh Dinas yang membidangi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang.
d. Surat keterangan dari Pengadilan Negeri yang menerangkan:
1. tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara;
2. tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih;
3. tidak dicabut hak pilihnya sesuai dengan Putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap; dan
4. tidak pernah terlibat mengkhianati Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta Bhinneka Tunggal Ika.
e. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Kepolisian Resor Pemalang.
f. Surat keterangan berbadan sehat dari rumah sakit umum daerah.
g. Surat keterangan sebagai bukti warga negara Republik Indonesia dari Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagaimana formulir A.
h. Surat pernyataan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, di atas kertas segel atau bermeterai cukup sebagaimana formulir B.
i. Surat pernyataan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika, yang dibuat oleh yang bersangkutan di atas kertas segel atau bermeterai cukup sebagaimana formulir C.
j. Surat pernyataan bersedia dicalonkan menjadi Kepala Desa sebagaimana formulir D dan surat pencalonan dari warga Desa setempat beserta fotokopi Kartu Tanda Penduduk paling banyak 25 (dua puluh lima) orang yang mempunyai hak pilih.
k. Surat keterangan bahwa yang bersangkutan terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal tetap di Desa setempat paling kurang 1 (satu) tahun tidak terputus-putus sebelum pendaftaran, yang dikeluarkan oleh Ketua Rukun Tetangga/ Ketua Rukun Warga dan Kepala Desa dilampiri legalisasi fotokopi Kartu Tanda Penduduk Warga Negara Indonesia dan Kartu Keluarga sebagaimana formulir E dan formulir F.
l. Surat keterangan tidak pernah menjadi Kepala Desa selama 3 (tiga) kali masa jabatan dari Camat sebagaimana formulir G, dilampiri surat pernyataan dari yang bersangkutan di atas segel atau bermeterai cukup sebagaimana formulir H.
m. Surat pernyataan sehat rohani yang diketahui Kepala Desa dan ditandatangani 2 (dua) orang Saksi di atas segel atau bermeterai cukup sebagaimana formulir I.
n. Surat pernyataan tidak pernah mengundurkan diri dari jabatan Kepala Desa diketahui camat di atas segel atau bermeterai cukup sebagaimana formulir J.
o. Surat pernyataan tidak pernah diberhentikan dari jabatan Kepala Desa karena melanggar larangan Kepala Desa diketahui camat di atas segel atau bermeterai cukup sebagaimana formulir K.
p. Surat keterangan bahwa yang bersangkutan terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal tetap di Desa setempat bagi putra Desa dikeluarkan oleh Kepala Desa dan disahkan oleh Camat dilampiri fotokopi Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga sebagaimana formulir L.
q. Surat pernyataan tidak pernah melakukan tindakan tercela yang menimbulkan krisis kepercayaan meluas di masyarakat diketahui BPD, sebagaimana formulir M; dan
r. Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 (empat) lembar.
s. Bagi putra Desa disamping harus melengkapi persyaratan administrasi kecuali huruf k, juga harus terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal tetap di Desa yang bersangkutan pada saat mendaftar sebagaimana dimaksud pada huruf p dan melampirkan surat pernyataan putra Desa disaksikan 2 (dua) orang penduduk Desa yang bersangkutan dan diketahui oleh Kepala Desa dengan disahkan oleh Camat, sebagaimana Formulir N.
t. Putra Desa sebagaimana dimaksud pada huruf s adalah seseorang yang:
1) dilahirkan dari seorang ibu yang pada saat melahirkan sudah terdaftar dan bertempat tinggal tetap di Desa yang bersangkutan; dan
2) pernah terdaftar dan bertempat tinggal tetap di Desa yang bersangkutan sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun secara kumulatif.
u. Bagi seseorang setelah 5 (lima) tahun selesai menjalani hukuman pidana penjara yang diancam hukuman 5 (lima) tahun atau lebih dan telah mengumumkan secara jujur dan terbuka kepada publik bahwa yang bersangkutan pernah dipidana serta bukan sebagai pelaku kejahatan berulang-ulang, dengan dibuktikan surat keterangan dari Lembaga Pemasyarakatan dan dari Kepala Desa sebagaimana formulir O, dengan dilampiri dokumen pemuatan di surat kabar lokal/ nasional dan bukti pengumuman/ selebaran yang diumumkan di Desa setempat.
v. Pegawai Negeri yang mencalonkan diri sebagai Kepala Desa selain memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud di atas, juga harus melampirkan izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian atau pejabat yang ditunjuk dan melampirkan surat pernyataan bersedia diberhentikan dari jabatan organiknya apabila terpilih menjadi Kepala Desa
w. Perangkat Desa yang mencalonkan diri sebagai Kepala Desa selain memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud di atas, juga harus melampirkan surat pemberitahuan kepada Kepala Desa.
x. Kepala Desa yang berstatus Pegawai Negeri Sipil yang mencalonkan diri sebagai Kepala Desa selain memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud di atas, juga harus melampirkan surat izin tertulis dari Bupati.
y. Menyerahkan naskah Visi dan Misi Calon.

III. CARA PENDAFTARAN:

a. Pendaftaran Calon Kepala Desa dilakukan oleh Calon yang bersangkutan dilampiri dengan berkas persyaratan Calon Kepala Desa kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa Kelangdepok Kecamatan Bodeh
b. Panitia Pemilihan Kepala Desa melayani pendaftaran Calon Kepala Desa antara Pukul 08.00 WIB s/d. 13.00 pada Hari Senin – Kamis dan 08.00 s/d 11.00 WIB pada hari Jum’at dan sabtu, minggu libur, dalam jangka waktu pendaftaran. Kecuali pada hari penutupan pukul 17.00 WIB.
c. Berkas Pencalonan akan diteliti, apabila tidak lengkap dikembalikan atau diberi waktu untuk melengkapi sampai penutupan pendaftaran.
d. Bagi bakal calon yang mendaftar dan berkasnya sudah lengkap diberi nomor pendaftaran.
e. Berkas Pencalonan diteliti dan selanjutnya ditetapkan oleh Panitia Pemilihan serta diumumkan kepada masyarakat.

IV. KETENTUAN LAIN:

a. Persyaratan administrasi agar disusun sesuai dengan urutan yang tercantum dalam pengumuman ini.
b. Keterangan selengkapnya tentang Pencalonan Kepala Desa dapat diperoleh pada Sekretariat Panitia Pemilihan Kepala Desa.
c. Formulir A , B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, dan O dapat diambil pada Panitia tanggal 13 Juli 2016
d. Pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa tidak dipungut/ dibebani biaya apapun.

KELANGDEPOK, 12 Juni 2016
PANITIA PEMILIHAN KEPALA DESA KELANGDEPOK
KECAMATAN BODEH
K E T U A

ISMAIL

About AdminDesa 68 Articles
Yang muda yang berkarya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*