Panitia Pilkades e-vooting Desa Kelangdepok di dominasi tokoh pemuda

Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Desa juga memiliki kekuasaan untuk menyelenggarakan pemerintahannya sendiri dalam Ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Penyelenggaraan pemerintah desa merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan pemerintahan, sehingga desa memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya.

Begitu pula dalam penyelenggaraan pemerintah desa harus sesuai dengan UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa. Penyelenggaraan pemerintah desa tidak dapat lepas dari jabatan Kepala Desa. Pemerintah desa dipimpin oleh seorang Kepala Desa yang dipilih masyarakat desa yang sudah mempunyai hak memilih. Selanjutnya syarat dan tata cara pemilihan kepala desa di Kabupaten Pemalang atas persetujuan DPRD Kabupaten Pemalang, Bupati menetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Pemalang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Desa. Peraturan Daerah ini khususnya yang mengatur mengenai kewenangan memproses pemilihan kepala desa sudah selaras dengan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah yang baru. Hanya saja dalam dalam Peraturan Daerah Kabupaten Pemalang Nomor 1 Tahun 2015 dalam memproses pemilihan kepala desa (Pilkades), selain membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa, BPD juga membentuk Tim Pengawas Pemilihan Kepala Desa.

Secara organisasi Panitia Pemilihan Kepala Desa merupakan salah satu bentuk organisasi karena terdiri dari kumpulan beberapa orang yang melakukan kerjasama untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Desa. Stephen P. Robbins mendefenisikan organisasi sebagai suatu kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. Oleh karena itu organisasi adalah suatu unit yang terdiri dari orang atau kelompok orang berinteraksi satu sama lain. Suatu organisasi agar dapat bekerja dengan efektif harus memiliki struktur organisasi yang jelas.

Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang. Untuk itu ada empat elemen yang dalam struktur organisasi harus ada yaitu : a) Adanya spesialisasi kegiatan kerja, b) Adanya standardisasi kegiatan kerja, c) Adanya koordinasi kegiatan kerja, d) Besaran seluruh organisasi.

Adapun Susunan Panitia Pemilihan Kepala Desa Kelangdepok Tahun 2016 Adalah :
1. Ketua              :  ISMAIL
2. Wakil Ketua  : Imawan Edhie M
3. Sekretaris      : Ahamad Saeful
4. Bendahara    : Fajari
5. Sie. Pendaftaran Calon : Krido Budoyo
6. Sie. Pendataan Pemilih : Absori
7. Sie. Pemilihan.                : Eko P
8. Sie. Logistik                     : H. Impron
9. Sie. Konsumsi                 : Fitriyani
10.Sie. Keamanan              : Kusno

Agar wewenang dan tugas posisi/jabatan masing-masing dalam kepanitiaan Pilkades menjadi jelas dan rinci maka Panitia perlu menyusun uraian tugas bagi masing-masing posisi/jabatan. Uraian tugas dimaksud ditetapkan dengan keputusan Panitia Pemilihan.

About AdminDesa 65 Articles
Yang muda yang berkarya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*